MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Cara Menghadapi Wawancara Kerja

Konten [Tampil]
Tips dalam menghadapi wawancara / interview - Selama pencarian kerja, anda mungkin akan melakukan serangkaian proses wawancara kerja. Sebagian besar perusahaan menggunakan wawancara untuk lebih mengenal pemohon dan mengukur apakah anda memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.

Sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan wawancara kerja yang akan dilakukan. Biasanya mereka akan membuat keputusan akhir dalam sesi ini, sehingga anda perlu untuk membuat kesan positif pada mereka.
Tips interview untuk kerja
Tips interview untuk kerja

Ada beberapa tips wawancara kerja yang bisa anda siapkan untuk menjadi kandidat utama dalam pekerjaan yang ditawarkan. Campusgrotto memberikan tips menghadapi wawancara kerja.

Cari Tahu siapa perusahaan itu

Perusahaan akan senang, bila anda datang pada sebuah wawancara kerja dengan membawa pengetahuan tentang perusahaan. Anda bisa mencoba untuk melakukan sedikit pencarian mengenai profil perusahaan di website mereka. Pelajari mulai dari sejarah, jumlah karyawan, dan fakta lain yang ada di website perusahaan tersebut.

Poles keterampilan anda

Penting bagi anda untuk memiliki gelar dalam sebuah bidang tertentu. Tentu anda harus paham betul tentang apa yang anda kuasai. Misalnya, bila anda mengkhususkan diri pada pemrograman komputer, maka anda harus siap bila pertanyaan seputar pemrograman komputer keluar.

Jika Anda memiliki gelar Psikologi, maka anda mungkin diminta menyelesaikan masalah atas situasi yang berhubungan dengan Psikologi dan bagaimana anda menangani mereka. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk siap memamerkan pengetahuana anda.

Bawa resume anda

Pewawancara kemungkinan besar akan memiliki salinan dari resume anda. Perlu juga membawa salinan resume anda. Jika Anda melakukan wawancara untuk posisi guru, maka pastikan membawa portofolio guru.

Coba praktekkan

Mintalah seorang teman, orang tua atau mentor anda untuk duduk bersama dan melakukan simulasi pertanyaan wawancara. Ini akan memudahkan anda menjawab segala pertanyaan pada wawancara kerja yang sesungguhnya. Ketika pewawancara bertanya, anda harus berpikir cepat dan segera menjawabnya dengan baik.

Beberapa pertanyaan yang biasa diberikan adalah:
  1. “Mengapa anda berpikir, anda adalah kandidat yang baik untuk pekerjaan ini?”
  2. “Dengan cara apa anda akan menjadi aset perusahaan ini?”
  3. “Apa tujuan karir Anda?”
  4. “Jelaskan keberhasilan yang pernah anda alami?”

Tepat waktu

Tidak ada yang lebih buruk, bila anda terlambat untuk hadir dalam wawancara kerja. Pastikan Anda datang tepat waktu dan siap. Jika Anda telah berubah pikiran untuk menghadiri wawancara, pastikan untuk menghubungi dan membatalkan. Jadilah profesional dan siap untuk meletakkan kaki terbaik anda ke depan
Author Profile

About Anonymous

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.