3/12/19

author photo



Memorry card merupakan salah satu penyimpanan penting khususnya buat kamu pengguna smartphone. Terkadang kita lupa melakukan backup terhadap data yang kita simpan dalam memori tersebut. Meskipun ukurannya sangat kecil tetapi isinya tentu sangat penting.

Namun beberapa orang tentu pernah mengalami hal seperti memory card tidak bisa dibaca. Bahkan terkadang kita merasa bahwa memory card tersebut telah rusak. Tetapi perlu diketahui bahwa jangan buang dulu memory card tersebut karena sudah ada banyak cara recoverynya supaya kembali bisa dipakai secara normal.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba, meskipun beberapa cara berikut tidak 100% membuat memory card kamu pulih tetapi setidaknya bisa mengembalikan hingga 100% data yang kamu butuhkan.

Cara Pertama


1. Keluarkan memory card dari perangkat elektronikmu.
2. Bersihkan bagian kuning mengkilat pada ujung memory card dengan menggunakan penghapus pensil hingga bersih. Jika bisa pastikan ujungnya terlihat mengkilat
3. Masukkan kembali dengan posisi yang benar. Pastikan sudah bersih sebelum memory card dimasukkan kedalam smartphone anda.

Metode pertama adalah salah satu metode yang paling sering dilakukan karena metode ini dianggap cukup ampuh menurut kami. Hal ini terjadi karena banyak yang lupa membersihkan memory card yang sudah lama mereka miliki. Mayoritas membiarkan saja memory card sampai memory card rusak total.

Jika metode diatas masih belum berhasil, maka kamu bisa mencoba metode berikutnya.

Cara Kedua


1. Dalam keadaan smartphone masih menyala maka masuk ke pilihan Options> Memory> Total Space> Repair
2. Kalau kamu memakai Android, masuk ke Setting> Storage> Erase SD Card. Cara ini akan membuat memory mu bersih seperti sedia kala namun efeknya adalah memori yang kamu miliki menjadi kosong dan data juga hilang.

Metode kedua ini mungkin saja sudah sering kamu gunakan tetapi terkadang kamu lupa. Sebaiknya secara rutin melakukan repair terhadap memory yang kamu miliki supaya tetap terjaga kualitasnya.

Jika masih belum bisa terbaca maka kamu bisa menggunakan cara ketiga

Cara Ketiga


1. Hubungkan gadget atau smartphone mu ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel data ataupun perangkat lainnya yang bisa terkoneksi ke laptop atau PC anda.
2. Pastikan gadgetmu sudah terhubung dengan mass storage mode di laptop atau PC, tidak sekedar media transfer mode saja.
3. Klik kanan di drive memory card gadgetmu dan pilih properties > tools > error checking kemudian tunggu hingga selesai. Biasanya tahapan ini membutuhkan waktu 2-3 menit. Pastikan kamu sudah centang semua pilihannya sesuai dengan kebutuhanmu.
4. Eject dari laptop kamu dan coba pasang lagi ke gadgetmu. Lihatlah hasilnya seperti apa.

Cara ketiga ini biasa digunakan oleh teknisi yang sudah berpengalaman. Jika kamu paham sedikit tools yang ada maka kamu bisa menggunakan beberapa tools autobackup untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Jika cara ketiga ini masih belum berhasil dengan sempurna maka kamu bisa mencoba cara keempat

Cara Keempat


Cara keempat ini berguna jika memory cardnya masih terbaca di laptop ataupun PC yang kamu miliki:

1. Copy semua isi memory card yang kamu miliki
2. Pindahkan ke folder baru dan paste.
3. Format dan hapus semua file yang ada di memeroy card mu
4. Pindahkan kembali folder tersebut ke memory card mu
5. Pasang kembali memorycard tersebut ke gadget yang kamu miliki.

Cara keempat ini pada dasarnya sama dengan cara ketiga tetapi yang berbeda hanya kita disini akan melakukan format ulang kepada memory card yang kita miliki. Cara ini tergolong efektif karena terkadang ada file virus yang menempel pada memory yang kita miliki.

Jika cara keempat masih belum berhasil maka coba cara kelima alias cara terakhir

Cara kelima


1. Pastikan kamu sudah melakukan cara 1-4 karena jika belum maka cara kelima ini tidak akan berguna.
2. Jika pasti sudah kamu lakukan maka cabut memorymu tersebut.
3. Lihat detail merk dan kapisitas memory tersebut.
4. Cari di marketplace langgananmu
5. Beli dan ganti denga memory card yang baru.

Semoga cara memperbaiki memory card yang rusak bisa kamu coba sendiri.

Next article Next Post
Previous article Previous Post