3/27/19

author photo

Sebuah pidato tentu harus dimulai dari sebuah kalimat pembukaan. Salah satu tujuannya bisa saja sebagai tanda penghormatan kepada pendengar ataupun orang yang terpandang yang hadir pada saat itu. Oleh karena itu pembukaan dalam sebuah pidato menjadi salah satu element penting yang tidak bisa dielekan.



Untuk kamu yang belum mengetahui tentang apa saja isi sebuah pidato maka berikut yang perlu diperhatikan

1. Pembukaan
Bagian ini adalah bagian yang akan kita bahas.

2. Isi
Isi pidato tidak kita bahas pada bagian ini, namun isi pidato pada dasarnya sudah kamu ketahui karena ini merupakan point penting dari sebuah pidato. Jangan lupa persiapkan kata - kata yang ditekankan dalam sebuah pidato.

3. Penutup
Penutup sebuah pidato tentu merupakan sebuah hal yang paling pamungkas dimana disini kamu akan merangkum semua point penting dari isi pidatomu. Setelah kamu rangkum kemudian kamu dapat menyelesaikan pidatomu.

Berikut ini adalah contoh kalimat pembukaan pidato yang bisa kamu coba:

1. Mengawali pidato dengan bersyukur kepada Tuhan

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan hidayah dan nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa marilah kita haturkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang (kemudian masuk ke isi pidato).

2. Pidato Pembukaan dengan Memperkenalkan Diri dan Latar Belakang Anda.

Selamat Pagi dan Pagi yang Cerah

Apa kabar semua? Saya yakin pasti semua akan baik-baik saja, seperti yang terpampang jelas di depan ini. Nah, seperti dia yang duduk di sana itu selalu tersenyum berseri. Seperti bunga sakura yang sedang bermekaran. Ngomong-ngomong, sudah ada yang mengenal Saya sebelumnya? Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Daripada tidak di sayang lebih baik Saya perkenalkan diri terlebih dahulu. Saya Kartika Widy Mulia, biasa dipanggil Widy. Saya bekerja sebagai asisten yang tidak ada liburnya alias ibu rumah tangga dan pekerjaan sampingan sebagai freelancer. Nah, Saya di sini ingin berbagi pengalaman menjadi seorang freelancer yang dibayar iya, diberikan produk cuma-cuma juga iya. Siapa yang gak tertarik sih? Ada yang mau juga gak nih, bingkisan selalu ada di rumah. Mulai dari skincare hingga produk makanan. Cuma untuk diulas dalam tulisan.

Oleh sebab itu, Saya sekarang ingin memberi tahu rahasia selama remaja hingga saat ini bertahan hidup mewah hanya dari sponsor.

3. Memberikan ilustrasi pada pembukaan pidato

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya masuk ke inti pidato saya hari ini, mari kita merenungkan sejenak apa yang telah terjadi di dekat kita, di lingkungan kita. Betapa memprihatinkan keadaan di sekitar kita. Banyak orang yang masih belum tergerak hati nya untuk membuang sampah pada tempatnya, bahkan masih ada yang tidak segan untuk membuang sampah dari dalam kendaraan pribadi mereka. Fenomena tersebut tentu saja membuat lingkungan kita tidak bersih dan kurang sedap dipandang. Tidak hanya itu, aroma sampah yang berserakan mengganggu dan dapat menjadi sumber penyakit. Terlebih lagi, bencana banjir bias mengancam lingkungan kita. Bukankah keadaan-keadaan tersebut membahayakan? Sudahah kita menjaga lingkungan kita dengan baik?

Melalui pidato ini, saya ingin mengajak hadirin sekalian untuk menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar selalu bersih.

Hadirin yang berbahagia,

(Isi Pidato)

4. Memberikan Fakta - Fakta Sejarah

Bagian salam dan doa

Hadiri yang berbahagia

Tepat hari ini di tanggal 10 November, orang-orang sebelum kita telah berjuang mempertahankan negara dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka dengan gagah dan berani melawan penjajah, dan sekarang kita telah menikmati hasil yang sudah dilakukannya. Namun, jangan pernah melupakan semangat mereka untuk bisa sampai dititik kemerdekan.

Oleh sebab ini Saya berdiri di sini untuk memperingati hari pahlawan nasional, dan berbagi semangat kepada kalian mengenai perjuangan mereka.

Hadirin yang bahagia

(isi pidato)

5. Pemberian Humor dalam Pidato

Hadirin sekalian,

Apakah Anda pernah berpikir tentang hubungan antara kemakmuran dengan perut yang gemuk? Saya pernah. Namun, saya juga tidak yakin apakah ada hubungannya. Mungkin mereka brotherzone, friendzone, atau TTM (teman tapi mesra). Hahaha. Baiklah, kembali lagi pada hubungan perut gemuk dan kemakmuran. Ketika para pegawai masih dalam jabatan biasa, mereka cenderung kurus. Ketika para pegawai naik jabatan hingga mereka menjadi pejabat tinggi, perut mereka cenderung gemuk. Sebenarnya, saya juga tidak begitu yakin bahwa yang baru saja saya ceritakan ada hubungannya dengan pidato yang akan saya sampaikan.

Hadirin sekalian,

Melalui pidato ini saya ingin menyampaikan sepatah dua patah kata tentang pentingnya menjaga integritas diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

Hadirin sekalian,

(Isi pidato)

6. Contoh Pembukaan Pidato Yang Baik Dan Benar
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam berbahagia bagi hadirin yang hadir pada awal acara ini. Tidak lupa syukur serta junjungan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat, belas kasih serta kesempatan karena telah memberi kita pertemuan pada hari yang cerah ini.

(Isi pidato)

7. Contoh Pembukaan Pidato Yang Baik Dan Benar 2
Yang terhormat Kepala SMA Negeri 9 Jakarta, bapak & ibu guru serta teman-teman yang saya cintai.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alahmdulillah Wasyukurillah Wala Haula Wala Quwwata Illa Billah, Amma Ba’du. Shalawat serta salam tak lupa kita panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Dan juga rasa syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena pada hari ini kita dapat dipertemukan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post