3/16/19

author photo

Gempa aceh sudah lama terjadi yaitu pada tahun 2004 tetapi masih menjadi pertanyaan sampai sekarang apa penyebab gempa dan tsunami tersebut. Hal ini juga menjadi perbincangan menarik dari berbagai kalangan karena baru - baru ini dilansir berita penyebab gempa dan tsunami di aceh.

Aceh sendiri sekarang sudah semakin baik dari segi kehidupan. Aceh mulai menerapkan sistem pemerintahan syariah yang disupport oleh warganya. Tentu kisah - kisah kelam dari masalah ini akan tetap ada karena ini sudah menjadi catatan sejah sendiri bagi negara indonesia bahkan bagi dunia. Ini tentu bisa menjadi bahan pelajaran bagi kita semua.

Penyebab gempa Aceh 2004
Penyebab gempa Aceh 2004

Ekspedisi riset international ini dimulai pada tahun 2016 untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti. Riset gempa ini dikerjakan oleh tim penelitian Southampton University dan Colorado School of Mines dan sebagaian lagi dari International Ocean Discovery Program (IODP). Dalam riset ini mengambil berbagai sampel dari berbagai sumber dan salah satunya di zona Sumatera.

Hasil dari riset ini menyebutkan bahwa sendimen di dasar laut terkikis dari pegunungan himalaya dan dataran tinggi tibet. Lalu sendimen ini mengalir ke sungai - sungai dan kemudian berujung pada laut. Sendimen ini cukup tebal dan mencapai suhu yang cukup tinggi hingga menyebabkan dehidrasi sempurna.

Dehidrasi sempurna ini menyebabkan gempa bumi yang cukup kuat dan lebih besar lagi. Hal ini yang menjadi penyebab gempa yang sangat kuat di Aceh sana. Hasil gempa ini menghasilkan retakan dan menghasilkan gelombang laut yang besar.

Hasil riset full ini dipublikasikan di Jurnal Sciences dalam Makalah baru yang lebih lengkap yang penulisnya dipimpin oleh Andre Hupers dari MARUM. Tentu hasil tulis ini bisa menjadi pelajaran bagi bangsa nanti kelak.

Beberapa tulisan ini sudah di launching di wikipedia yang menyebutkan berbagai alasan perihal kasus dan masalah ini. Dampak korban dan kronologi detailnya juga dipaparkan disini. Seperti yang diketahui bahwa korban jiwa dari tsunami dan gempa di aceh mencapai ratusan ribu jiwa. Hal ini juga memberikan efek yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tidak hanya menyebabkan indonesia berduka tetapi juga berbagai negara lain juga berduka. Terlihat bantuan dari negara lain menjadikan percepatan penyembuhan gempa di Aceh menjadi semakin lebih baik dari sebelumnya.

Pada dasarnya pembahasan penyebab gempa dan tsunami di aceh ini sudah selesai karena poin jawabannya sudah dijawab diatas. Tetapi karena kebutuhan analisa yang lebih mendalam maka kita akan memberikan analisa sedikit lagi. Jika kita melihat dari sisi teori konspirasinya yang menyatakan bahwa ada kegiatan test bom dari negara lain ini bisa saja jadi kemungkinan karena memang ditemukan tanah hitam bekas terbakar pada pinggiran pantai aceh. Namun jika disangkutkan pada penelitian diatas yang menyatakan bahwa bagian tanah dehidrasi dan cenderung terbakar maka ini juga mematahkan teori konspirasi tersebut.

Oleh karena itu sekian dulu pembahasan kami. Semoga kamu bisa memetik manfaat dari artikel kami.

Next article Next Post
Previous article Previous Post