3/13/19

author photo



Terhitung semenjak 1 Juni tahun 2016 ditetapkan menjadi hari lahir pancasila. Namun timbul beberapa pertanyaan yang menggelitik yaitu kenapa kepala burung garuda menghadap kanan? Hal ini tentu menjadi pertanyaan juga untuk kamu semua.

Pancasila adalah dasar negara dan tidak bisa dipisahkan dengan burung garuda karena sebagai lambang negara. Simbol pancasila sendiri juga terdapat dalam burung garuda. Kedua hal ini diatur dalam Undang Undang no 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang negara dan lagu kebangsaan. Semua hal ini adalah simbol kenegaraan yang diatur secara detail

Lalu kenapa kepala burung garuda menghadap kanan? Hal ini dikarenakan menghadap kanan adalah simbol kebaikan. Sebagaimana filosofi yang pada umumnya bahwa yang kanan adalah yang baik sedangkan kiri tidak begitu. Begitu juga dengan burung garuda, diharapkan membawa bangsa indonesia lebih baik lagi kedepannya.

Pembahasan masalah burung garuda menghadap kiri dan kanan ini sebenarnya sempat viral pada tahun 2017. Namun pada tahun tersebut masih simpang siur masalah ini. Oleh karena itu pada zaman sekarang kami tulis ulang kembali supaya kalian tau penyebab dan jawabannya.

Semoga pemaparan detail kami ini bisa menjadi bahan bacaan yang berarti bagi kita semua. Prinsip - prinsip burung garuda juga bisa dihayati dengan baik dimana kita harus menghadap kanan yaitu memandang kearah kebaikan yang lebih baik lagi dikemudian hari nanti.

Sekian dulu tulisan kami kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Next article Next Post
Previous article Previous Post