3/13/19

author photo



Diantara sholat 5 waktu yang biasa dilakukan kaum muslim ada 2 waktu sholat yang bacaannya tidak bersuara. Sholat yang dimaksud adalah sholat dzuhur dan ashar. Mengapa sholat zuhur dan ashar tidak bersuara atau dikeraskan?

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu dalam shahih Muslim telah memberitahukan bagaimana keadaan Rasulullah ketika salat.

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah shalat bersama kami. Pada shalat zuhur dan ashar, beliau membaca Al Fatihah dan dua surat di rakaat yang pertama. Sesekali beliau memperdengarkan ayat yang beliau baca. Adalah beliau memanjangkan bacaan pada rakaat pertama dari salat zuhur dan memendekkannya pada rakaat yang kedua. Begitu juga pada saat shalat subuh.”

Dari penjelasan kutipan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa boleh mengeraskan bacaan surat pada waktu dzuhur dan ashar sehingga mengeraskan ataupun diam ketika baca surat saat sholat dzuhur dan ashar bukanlah syarat sah atau tidaknya sholat. Kita bisa mengambil mana yang paling mendekati dengan dalil yang kita yakini kebenarannya.

Namun jika kita mendengarkan ceramah ustad Adi Hidayat pada video berikut



Bahwa mayoritas Nabi memperlihatkan membacanya tidak terdengar maka kita melakukan hal tersebut. Coba dilihat dulu videonya dengan baik. Ustad Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa ada beberapa penjelasan dari ulama ulama lain yang menjelaskan bahwa siang hari aktivitas suara sangat banyak.

Bagaimana dengan pendapat ustad Abdul Shomad? Bukan untuk dibandingkan namun untuk menjadi bahan bacaan bagi kita semua. Semoga kita bisa mendapatkan jawaban yang lebih jelas dari berbagai ustad nantinya



Jika mendengarkan detailnya maka ada hadist yang memperjelaskan bahwa hal tersebut dari jibril. Jadi Nabi Muhammad SAW diajarkan oleh jibril caranya dan Nabi Muhammad SAW mengikuti hal tersebut dengan baik dan tertib.

Sehingga pada akhirnya pendapat yang paling kuat adalah sholat dzuhur dan ashar tidak perlu dijaharkan karena sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Semoga pertanyaan kita terjawabkan dengan baik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post