MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Contoh Surat Perusahaan Belum Beroperasi

Konten [Tampil]
Surat keterangan perusahaan belum beroperasi sering juga disebut sebagai surat keterangan NIHIL. Surat keterangan perusahaan belum beroperasi ini biasanya akan ditanyakan ketika melaporkan pajak karena akan berkenaan dengan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Lihat juga: PEP Consult, Konsultan Pajak Terpercaya di jakarta

Bagi suatu usaha yang sudah tidak lagi beroperasi, tentu surat keterangan perusahaan belum beroperasi ini penting dibuat. Hal tersebut karena berkaitan dengan penghapusan NPWP bagi perusahaan yang sudah tidak beroperasi kembali tersebut.

Lantas, bagaimana cara menyusun surat keterangan perusahaan belum beroperasi tersebut? Nah, berikut kami lampirkan contoh surat keterangan perusahaan belum beroperasi yang perlu dipahami!

Contoh Surat Keterangan Belum Beroperasi  

Ketika suatu perusahaan tidak lagi beroperasi, berdasarkan peraturan keputusan menteri Keuangan Indonesia nomor : 73/PMK.03/2012 dikatakan bahwa NPWP dan juga sistem verifikasi atau pemeriksaan atas usaha tersebut akan dihapus.

Beberapa dokumen tentunya akan sangat dibutuhkan utamanya dalam hal tersebut. Kepemilikan nomor pokok wajib pajak ganda, fotocopy buku nikah dan berbagai hal lain akan jauh lebih mudah dan sangat terjangkau.
perusahaan belum beroperasi
Perusahaan belum beroperasi

Ketika suatu perusahaan sudah tak lagi beroperasi, semua surat – surat secara lengkap harus dimiliki. Pernyataan tidak ada kegiatan usaha harus dibuat. Namun dalam proses pembuatan pernyataan surat keterangan usaha tersebut tentu harus diketahui sebagaimana alur atau prosedurnya.

Ada prosedur dalam pengajuan surat pernyataan tidak ada kegiatan usaha yang dapat dilakukan. Prosedurnya sebagai berikut :
  1. Pertama – tama yang harus dilakukan adalah mengambil formulir di laman pajak.go.id
  2. Setelah Anda download formulirnya, kemudian Anda harus mengisi formulir pada aplikasi e-Registration pada laman pajak.go.id tersebut 
  3. Nantinya formulir harus ditandatangani secara elektronik atas permohonan yang diajukan serta harus memiliki suatu kekuatan hukum
  4. Ketika formulir dan juga dokumen penting sudah dilengkapi, maka KPP akan kembali menerbitkan bukti penerimaan surat secara elektronik
  5. Darisana surat keterangan perusahaan belum beroperasi akan segera diterbitkan dan bisa dimanfaatkan
Mengenai seperti apa contoh surat keterangan perusahaan belum beroperasi, disini kita akan berikan contoh pengisiannya. Sebagai ilustrasi orang yang membuat surat tersebut bernama Ayu. Ayu harus mengisi format surat keterangan perusahaan belum beroperasi dengan format sebagai berikut:

==================================

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama: Ayu Pramudya Lestari (1)
NPWP: 5566775147890 (2)
Alamat: Jalan Mawar nomor 16, RT 12 RW 02, Wonosobo, Jawa Tengah (3)

Pengurus wajib pajak :

Nama: Anindita Lestari (4)
NPWP: 56154327199161 (5)
Alamat: Jalan Kebangsaan nomor 54, RT 21 RW 7, Wonosobo, Jawa Tengah

Dengan ini menyatakan bahwa saya Ayu Pramudya Lestari (*) saat ini sudah tidak lagi memiliki kegiatan usaha atau melakukan pembayaran. Saya Ayu Pramudya Lestari (**) sanggup menerima akibat hukum jika ternyata di kemudian hari surat pernyataan ini terbukti tidak benar.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya, dengan kondisi sehat dan tanpa adanya tekanan atau pun paksaan dari siapa pun dan dari pihak manapun.

Wonosobo, tanggal 6 September 2019

Wajib Pajak/ Pengurus
Anindita Lestari
Tanda Tangan (8)

==================================

Itulah salah satu contoh surat keterangan perusahaan belum beroperasi yang Anda harus tahu dan pahami. Anda yang menyatakan bahwa suatu usaha yang sebelumnya Anda dirikan lancar dan beroperasi secara normal kemudian tidak lagi beroperasi dan Anda tidak ingin perusahaan Anda dikenai pajak atas perusahaan yang sudah tidak lagi beroperasi, maka surat seperti itu perlu Anda buat.

Sebagai keterangan untuk memperjelas contoh surat keterangan perusahaan belum beroperasi diatas yaitu :
  1. Tanda (*) : coret yang tidak perlu, dalam hal ini Wajib Pajak berbentuk badan diisi dengan nama badan.
  2. Tanda (**) : pilih salah satu

Selain tanda tersebut, dalam contoh surat keterangan perusahaan belum beroperasi diatas juga Anda temukan kode – kode berupa angka. Petunjuk pengisian atas kode berupa angka dengan keterangan sebagai berikut :
  1. Angka 1 : diisi dengan nama pihak pengurus atau wajib pajak yang menandatangani surat pernyataan yang dibuat
  2. Angka 2 : diisi dengan nomor pokok wajib pajak (NPWP) yang menandatangani surat pernyataan
  3. Angka 3 : diisi dengan alamat wajib pajak atau pengurus yang menandatangani surat pernyataan
  4. Angka 4 : diisi dengan nama wajib pajak jika yang menandatangani surat pernyataan tersebut adalah pengurus dari wajib pajak
  5. Angka 5 : diisi dengan NPWP wajib pajak jika yang menandatangani surat pernyataan tersebut adalah pengurus dari wajib pajak
  6. Angka 6 : diisi dengan alamat wajib pajak jika yang menandatangani surat pernyataan adalah pengurus dari wajib pajak yang bersangkutan
  7. Angka 7 : diisi dengan kota dan tanggal surat pernyataan yang dibuat
  8. Angka 8 : diisi dengan tanda tangan dan nama sebagaimana yang sudah tercantum pada angka 1

Ketika seseorang yang awalnya mengurus suatu usaha dan perusahaan yang diurus tak lagi beroperasi sebagaimana mestinya, tentu surat keterangan semacam ini akan sangat membantu. Surat keterangan tersebut akan membebaskan wajib pajak perorangan atau badan yang memiliki usaha akan terbebas dari hutang pajak yang perlu dibayarkan.

Jadi, Anda yang mengalami hal yang sama, dianjurkan sesegera mungkin mengurus surat keterangan tersebut. Semoga contoh surat keterangan perusahaan belum beroperasi beserta penjelasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.
Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.