9/12/19

author photo

Desain meja kantor juga termasuk sebagai elemen dalam desain interior. Beberapa kantor menggunakan model furnitur tertentu untuk mendukung konsep desain yang ada. Berikut ini adalah beberapa model meja kantor yang umum digunakan:

Minimalis

Desain meja kantor minimalis umum digunakan untuk ruangan para karyawan. Untuk desain jenis ini, mengutamakan unsur estetika dan nilai fungsionalitas. Biasanya, dalam satu buah meja sudah terdapat laci tarik dan juga kompartemen untuk menyimpan barang.

Untuk meja kantor minimalis yang ditempatkan menempel dengan dinding, biasanya ditambahkan ambalan untuk meletakkan peralatan kantor, seperti alat tulis, mesin fax, dan juga printer. Tak jarang, meja kantor yang berdesain minimalis dapat direposisi dengan mudah karena konstruksinya yang mudah dibongkar pasang.
Pilihan model meja kantor
Pilihan model meja kantor

Untuk urusan bentuk, desain meja minimalis cenderung kaku, dengan banyak sudut tajam, dan aplikasi hiasan yang tidak begitu banyak. Biasanya meja minimalis menggunakan material kayu dengan finishing pelitur clear coat.

Klasik

Meja kantor yang berdesain klasik pada umumnya menggunakan material kayu. Ukurannya secara umum relatif besar dengan tulang-tulang pondasi meja yang menonjol. Terkadang ditambahkan juga ukiran motif tertentu yang menguatkan nuansa klasik.

Untuk kompartemen dan laci, biasanya menggunakan gerendel berbahan metal dengan sepuhan warna emas. Desain meja kantor semacam ini dijual dengan harga yang relatif lebih mahal, karena penggunaan material yang didominasi oleh bahan kayu utuh.

Standar

Desain meja kantor sederhana tergolong memiliki harga yang murah. Meja jenis ini memiliki fungsi utama untuk tempat mengerjakan pekerjaan yang tidak terlalu berat. Misalnya meja resepsionis, meja call center, dan meja petugas keamanan.

Bahan untuk meja jenis ini biasanya menggunakan material HPL atau partikel. Pada umumnya, meja sederhana terdiri atas satu laci tarik dan kompartemen dengan pintu sederhana.

Kontemporer

Meja kantor dengan desain perpaduan klasik dan modern dewasa ini makin digemari. Pasalnya meja dengan desain kontemporer cenderung memperkuat kesan santai namun profesional. Untuk bahan meja kantor jenis ini menggunakan bahan kombinasi kayu dan juga besi.

Penggunaan laci maupun konsol pada umumnya didesain menyatu dengan meja. Untuk memudahkan penggunaan biasanya menggunakan handle atau gerendel tanam. Tak jarang juga hanya dibuat cekungan sederhana untuk membuka dan menutup laci dan pintu kompartemen.

Cubicle

Nah, desain meja yang satu ini paling banyak diadaptasi untuk ruangan kantor dengan karyawan yang cukup banyak. Meja jenis ini biasanya dipesan secara khusus, karena dibuat untuk menyesuaikan dengan kapasitas ruangan yang ada.

Desain meja kantor cubicle lebih mudah dibentuk persegi atau bujur sangkar. Di mana, dalam ruang tersebut dapat mengakomodasi satu orang pekerja, dengan peralatan kantor standar seperti kursi, komputer, telepon meja, dan lemari kompartemen.

Beberapa kantor menerapkan meja kantor cubicle dengan penutup setinggi dada, untuk menjaga konsentrasi karyawan selama bekerja. Namun, desain semacam itu sepertinya sudah mulai banyak ditinggalkan, karena terbukti tidak begitu mempengaruhi kinerja karyawan.
Demikianlah beberapa hal tentang seluk beluk memilih meja kantor yang baik. Kualitas dan fungsionalitas meja kantor tetap harus menjadi nilai utama yang dimiliki meja kantor sebagai peralatan pendukung pekerjaan.

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post