MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Cara Terapi Untuk Anak Terlambat Bicara

Konten [Tampil]
Sebagai orang tua, kita selalu menginginkan anak tumbuh dan berkembang dengan baik di usia 19 bulan- 3 tahun. Lantas, bagaimana jika anak Anda justru menunjukkan gejala terlambat bicara?
Ilustrasi cara terapi anak terlambat bicara

Keterlambatan bicara anak tidak terjadi dengan sendirinya namun karena dipengaruhi oleh beberapa aspek antara lain autisme, gangguan pengucapan, kurang komunikasi, gangguan pendengaran dan lainnya.

Terapi yang Baik Untuk Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Sebenarnya, terlambat bicara masih bisa diterapi dengan beberapa teknik sebelum anak berusia 5 tahun. Namun, terkadang banyak orang tua yang tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, simak beberapa terapi khusus untuk speech delay berikut ini:

1. Terapi Pijat Refleksi

Anak yang berusia di bawah 5 tahun bisa diberikan terapi ini untuk mengurangi bahkan mencegah terlambat bicara. Titik pijat refleksi bisa dilakukan di kaki.

Baca juga: Mengenal Brainking, Suplemen Otak untuk Anak

Titik-titik refleksi kaki terutama pada jari jempol secara alami berkaitan dengan saraf yang terhubung pada kelenjar pituitary. Kelenjar ini berperan penting dalam meningkatkan hormone pertumbuhan.

2. Beri Nutrisi Pada Otak Anak

Satu dari sekian penyebab gejala terlambat bicara yang luput dari perhatian orang tua adalah kurangnya pemberian nutrisi otak anak. Maka solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut dengan memberikan lebih banyak nutrisi yang baik untuk perkembangan dan fungsi otak.

Orang tua bisa memberikan buah pisang, apel, anggur, dan berries yang merupakan jajaran buah terbaik untuk otak. Jangan lupa pula untuk memberikan jenis makanan lainnya termasuk salmon maupun kacang walnut.

3. Stimulasi Dengan Mengajaknya Terus Bicara

Ada kalanya anak mengucapkan sepatah atau dua patah kata tapi tidak jelas. Seperti memanggil mama tapi yang terdengar hanya ma atau kakak tapi yang terdengar adalah akak.

Langkah tepat yang harus diambil orang tua adalah terus merangsangnya bicara dengan bahasa Anda. Jangan justru Anda yang mengikuti bahasa anak. Buat anak bicara dengan pelafalan yang benar dan jelas.

4. Ajak Bermain Keluar

Merangsang anak terlambat bicara untuk bicara aktif memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Sesekali Anda bisa mengajak anak bermain di luar seperti ke kebun binatang.

Beri terapi bicara di kebun binatang dengan menunjukkan nama-nama binatang. Anak yang melihat binatang secara langsung akan tergerak untuk mengikuti ucapan Anda.

5. Stop Memberikan Gadget Pada Anak

Gadget dan televisi memang dua teknologi canggih yang paling disukai oleh anak-anak. Karena mereka bisa menonton hiburan atau bermain games di sana. Tapi bila dibiarkan terus-terusan bisa mengakibatkan ketergantungan.

Anak yang sudah ketergantungan gadget akan sulit dijauhkan, akibatnya mereka jadi malas untuk bermain dengan anak seusiany. Maka dari itu, pertimbangkan kembali izin menonton televisi dan bermain gadget.

Speech delay memang sangat mengkhawatirkan apalagi bila anak sudah memasuki usia sekolah. Orang tua perlu melakukan terapi sedini mungkin untuk menghindari gejala yang lebih parah.

Mulai dari beberapa terapi ringan yang telah dijelaskan di atas. Bila melakukan secara teratur, kemungkinan besar anak akan terangsang untuk berbicara.
Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.