MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Jenis Jaringan Otot Beserta Fungsi dan Letaknya

Konten [Tampil]
Tahukah Anda jika tubuh manusia memiliki 650 jenis otot yang masing-masing terdiri dari jaringan otot berbeda?  benar sekali, sebanyak 650 jenis otot terbagi dalam tubuh manusia dan secara umum terbagi dalam 3 jenis jaringan utama yakni otot kerangka, otot jantung dan otot halus

Sementara jika dilihat dari jenis kerjanya, otot dibagi menjadi dua yakni otot volunter dan involunter. Jaringan otot volunter ialah jaringan otot yang bekerja di bawah pengaruh kesadaran, sebab geraknya tersambungkan oleh saraf otak.
jaringan manusia
jaringan manusia

Otot volunter ini merupakan bagian tubuh yang bisa digerakan ketika Anda perintah, semisal otot tangan untuk mengetik, otot kaki untuk menendang bola dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Jaringan Tumbuhan

Sedangkan otot involunter ialah otot yang bekerja di luar pengaruh kesadaran otak. Anda tak pernah menyadari gerak dari otot involunter ini dan juga tak bisa memerintahkannya untuk berhenti atau mulai gerakan. Hal ini terjadi karena gerakannya dipengaruhi oleh saraf otonom tubuh.

Mengenal Lebih Detail Jenis Jaringan Otot 

Kembali ke macam-macam jenis jaringan otot yang secara umum terbagi menjadi 3 bagian utama. Setiap jenis jaringan otot tersebut memiliki fungsi serta karakteristik berbeda. untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkatnya.

Otot Rangka (Skeletal Muscle) 

Otot rangka merupakan jaringan otot volunter yang secara sadar mengendalikan dan menciptakan respon untuk dikirim oleh sel saraf. Gerak fisik yang Anda lakukan sehari-hari seperti minum, mengetik, berjalan membutuhkan kinerja otot rangka.

Rangka akan bergerak saat otot rangka yang menempel di tulang berkontraksi. Umumnya jaringan otot rangka berada di dua tulang sepanjang persendian tubuh. Oleh sebab itu, otot yang berdekatan satu sama lain bisa berfungsi menggerakkan bagian tulang.

Secara tampilan, otot rangka memiliki lurik atau garis jika dilihat melalui mikroskop. Namun sel otot rangka sendiri bentuknya silindris dengan cabang dan memiliki inti sel banyak pada setiap jaringannya.

Otot Jantung 

Berbeda dengan otot rangka, otot jantung termasuk dalam jaringan otot involunter atau bekerja secara otomatis tanpa harus diperintahkan. Fungsi dari otot jantung sendiri adalah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kerja otot jantung ini dibantu oleh sinyal dari otak dan juga hormon.

Umumnya, jantung akan berdetak sekitar 100 ribu kali setiap harinya, 36 juta kali setiap tahun dan 2,5 miliar selama hidup seseorang.

Bentuk dan tampilan otot jantung ini garis-garis atau lurik dengan warna gelap dan terang. Dimana warna gelap dan terang pada otot dipengaruhi oleh susunan serat protein pada tubuh.

Sementara untuk sel ototnya sendiri berbentuk silindris memanjang dengan satu sel di bagian tengah. Jaringan otot ini hanya bisa Anda jumpai pada jantung saja.

Otot Halus 

Jaringan otot halus berada di seluruh bagian tubuh, dimana Anda bisa dengan mudah menemukannya di dinding organ berlubang, seperti:
  • Sistem reproduksi 
  • Saluran pencernaan 
  • Saluran udara 
  • Saluran tabung seperti pembuluh darah 
  • Bagian dalam mata, dan lain-lain. 
Jaringan ini disebut otto halus karena bentuknya yang tak berlurik atau bergaris layaknya otot rangka dan otot jantung saat dilihat dari mikroskop. Namun secara bentuk, sel otot halus berbentuk gelendong dan mempunyai satu inti sel di bagian tengah. Kontraksi dari otot halus ini sangat halus dna berirama.

Jaringan otot halus juga termasuk jaringan otot yang bekerja di bawah kendali atau tanpa sadar. Otot ini juga kerap disebut otot viscelar karena lokasinya yang terdapat di organ dalam Anda.

Itu dia 3 jenis jaringan otot tubuh. Semoga dengan mengenal jenis jaringan otot tubuh Anda bisa lebih memahami fungsi dan perannya masing-masing.
Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.