MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Mengenal Lebih Dekat Pusat Studi Jepang UGM

Konten [Tampil]
UGM merupakan salah satu universitas yang sangat populer di Indonesia. Bahkan, UGM menempati peringkat teratas sebagai universitas terbaik di Indonesia. Tentu saja banyak yang ingin melanjutkan studinya di universitas ini. Namun, untuk bisa menjadi mahasiswa UGM tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Studi bahasa Jepang
Studi bahasa Jepang

Nah, Untuk Anda yang tertarik dan suka dengan bahasa Jepang, bisa segera mendaftarkan diri ke PSJ UGM ini. Bagi Anda yang belum mengetahui tentang Pusat Studi Jepang UGM, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Penjelasan PSJ UGM 

Lembaga pusat studi Jepang yang berada di UGM ini telah diresmikan pada tanggal 1 November 1988 sebagai lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat atau bisa disingkat menjadi LPPM-UGM. Pusat penelitian ini menekankan pada pembelajaran tentang Jepang dalam bidang politik, budaya, sosial, ekonomi dan teknologi serta hubungan internasional.

Visi PSJ UGM 

PSJ UGM memiliki visi utama yaitu untuk mengembangkan institusi riset yang berorientasi pada peningkatan pemahaman masyarakat terhadap Jepang, guna menumbuhkan rasa saling pengertian antara bangsa Indonesia dengan Jepang sebagai landasan untuk membangun kerjasama antara kedua negara.

Misi PSJ UGM

1. Memfasilitasi terbentuknya komunitas peneliti tentang Jepang yang kreatif, cakap dan aktif di bidangnya.
2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian mengenai Jepang dalam perspektif studi kawasan dengan pendekatan multi-disiplin dan antar-disiplin.
3. Mengembangkan keahlian dan kecakapan profesional dalam studi Jepang di bidang sosial budaya, ekonomi, politik, teknologi serta hubungan internasional.
4. Meletakkan landasan bagi terbentuknya institusi riset yang berpengaruh secara akademik serta bisa dikenal di tingkat nasional dan internasional.

Program dan Kegiatan PSJ UGM 

PSJ ini tentu memiliki program serta kegiatan yang jelas dan bermanfaat. Nah, kegiatan dan program utama dari PSJ UGM yaitu pengabdian dan juga penelitian masyarakat yang difokuskan pada tiga bidang utama, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Bidang Penelitian dan Penerbitan 
- Menerbitkan dan mendiseminasikan hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian, buku atau pun jurnal dan monograf series.
- Mengembangkan penelitian tentang Jepang dalam perspektif pada berbagai bidang seperti teknologi, pemerintahan dan politik, hubungan internasional dan ekonomi.
- Memberi fasilitas pada peneliti Jepang maupun Indonesia.
2. Bidang Pelayanan dan Akademik 
- Menyelenggarakan kursus bahasa Jepang untuk masyarakat umum
- Mendukung kegiatan pembelajaran dalam bidang studi Jepang yang diselenggarakan oleh fakultas yang terkait
- Mengembangkan perpustakaan yang representatif untuk studi Jepang
- Menyelenggarakan bedah buku, seminar atau acara lain dengan topik yang berkaitan dengan Indonesia dan Jepang.
3. Bidang Kerjasama dan Pengabdian Masyarakat
- Mengaplikasikan hasil penelitian sebagai implementasi pengabdian masyarakat
- Menggalang kerjasama dengan lembaga-lembaga riset di Jepang maupun Indonesia dalam bidang studi Jepang
- Menggalang kerjasama instansi pemerintah dan swasta di tingkat nasional, lokal ataupun internasional dalam bidang yang terikat dengan Indonesia dan Jepang.

Demikian penjelasan tentang pusat studi Jepang UGM. Dengan mengenalnya terlebih dahulu, hal ini bisa membuat Anda lebih tertarik untuk mengikuti PSJ ini. Bukan hanya itu saja, mengetahui tentang PSJ juga bisa menambah wawasan dan pengalaman.
Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.