MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Mengenal Lebih Dalam Program Literasi Sekolah Dasar

Konten [Tampil]
Literasi sekolah adalah salah satu aspek yang harus dipenuhi oleh siswa siswi yang utama melalui program literasi SD.  Literasi lebih ditekankan pada Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ). Gerakan ini mencakup kemampuan untuk memahami, mengakses, serta menggunakan berbagai sesuatu dengan bijak dan cerdas seperti membaca, melihat, menulis, memperhatikan dan juga berbicara.
Program literasi Sekolah Dasar
Program literasi Sekolah Dasar

Literasi sudah diterapkan sejak di Sekolah Dasar ( SD ). Literasi diterapkan dalam sekolah guna membentuk sekolah menjadi organisasi pembelajaran dimana seluruh anggota dari sekolah tersebut memiliki kecakapan literasi yang baik. Baik itu untuk diri sendiri serta nanti memiliki kecakapan yang layak di depan umum.

Berikut adalah ulasan mengenai program literasi pada sekolah dasar.

Program Literasi Sekolah Dasar

Program literasi SD dapat dibangun serta dipelajari melalui salah satu web milik kemdikbud yaitu repositori.kemdikbud.go.id. Lalu apa yang dimaksud dengan repositori itu ?

Repositori Institusi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan secara umum merupakan wadah penyimpanan serta penyebaran sebuah informasi yang akan diterbitkan oleh institusi induk.

Repositori Institusi sendiri terus berkembang diiringi  dengan kemajuan teknologi untuk dapat semakin mudah dalam memberikan akses kepada penggunanya. Salah satu informasi yang diberikan melalui Repositori Institusi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan ( Kemdikbud ) adalah program literasi untuk sekolah dasar. Literasi ini diharapkan dapat menumbuhkan niat baca pada peserta didik yang dimulai dari sekolah dasar.

Berkembangnya teknologi tentu akan lebih mudah dalam mengakses segala sesuatunya. Terutama dengan menggunakan smartphone yang banyak dengan berbagai fungsinya.

Salah satu faktor menurunya minat membaca pada anak adalah karena kemajuan teknologi. Bahkan Indonesia berada dalam peringkat 60 dari 61 negara dengan tingkat literasi yang bisa dibilang rendah. Indonesia dalam hal minat baca juga tertinggal dari negara tetangga dengan Malaysia dan Singapura.

Untuk itulah saat ini di semua sekolah dasar yang ada di Indonesia gerakan literasi sekolah diterapkan untuk membantu dalam menumbuhkan minat baca peserta di sekolah dasar yang ada di Indonesia.

Contoh Gerakan Literasi

Untuk membantu menumbuhkan minat baca peserta didik maka dilakukan gerakan literasi dengan contoh sebagai berikut:
  • Terdapat jadwal untuk mengunjungi perpustakaan.
  • Membuat serta memberdayakan madding pada tiap kelas.
  • Membaca buku - buku non pelajaran sesaat dan sesudah memulai pelajaran.
  • Membuat poster sekolah.
  • Membuat mini perpustakaan atau pojok baca pada tiap - tiap kelas.
  • Membuat karya literasi secara berkelompok pada tiap kelas.
  • Membuat dan mengadakan lomba literasi.

Agar contoh tersebut dapat berjalan, maka hal yang perlu diperhatikan adalah memberikan keteladanan pada murid agar murid - murid tergerak untuk dapat menumbuhkan minat baca mereka. Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan dalam gerakan literasi sekolah adalah memberikan akses yang mudah bagi para peserta didik, agar mereka senang dan suka untuk mengunjungi perpustakaan.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Frasa Adjektiva

Apabila dalam satu sekolah tidak memiliki ruang khusus seperti perpustakaan untuk membaca, buatlah pojok baca pada tiap - tiap kelas yang berisikan bacaan edukasi, serta bacaan yang sesuai dengan umur dan juga buku yang sesuai untuk dibaca oleh para peserta didik sekolah dasar.

Dalam melaksanakan program literasi SD memang bukan suatu pekerjaan yang mudah. Ketekunan menjadi salah satu kunci untuk dapat membantu menumbuhkan minat baca anak. Meski memiliki program - program yang bagus namun hanya berjalan sesaat saja, maka gerakan literasi tak dapat berjalan baik dengan sepenuhnya.
Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.