MUGI Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. MUGI.or.id

Panduan Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus di Android

Konten [Tampil]
Apakah anda pernah melakukan multitasking di ponsel? Jika belum, ada panduan agar anda dapat melakukan hal tersebut. Multitasking itu sendiri adalah menjalankan dua aplikasi bahkan lebih dalam satu smartphone. Layar smartphone yang terlalu kecil membuat kerepotan jika melakukan proses ini. Berbeda jika dibanding dengan layar komputer.

Saat ini hp memiliki pembaharuan fitur yang menarik sehingga mudah untuk berpindah tampilan. Ada panduan bagaimana anda akan menjalankan dua aplikasi dalam satu layar Android. Sayangnya, fitur yang dapat melakukan hal ini tidak di semua smartphone. Hp dengan sistem operasi 7.0 Nougat yang bisa membuka dua aplikasi dalam satu Android.
jagoangadget.com

Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus di Android

Fitur Multi-window merupakan salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna gadget Android. Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan membuat pengguna dapat menggunakan 2 aplikasi dalam satu layar Android.

Lihat juga: Jalankan Multi-Window Android dengan Mengaktifkan Developer Option

Misalnya anda dapat melakukan chatting sambil nonton video tanpa harus keluar dari salah satu aplikasi tersebut. Ada cara yang dapat anda lakukan jika anda sudah memiliki Android Nougat atau lebih tinggi. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan diantaranya:

1. Buka Dua Aplikasi

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah buka dua aplikasi yang anda ingin gunakan. Misalnya anda ingin menulis email di perjalanan sambil nonton YouTube. Buka keduanya kemudian tekan tombol Home yang berada di posisi bawah layar hp anda.

2. Akses Halaman Recent App

Langkah kedua yang dapat anda lakukan adalah akses halaman Recent App. Sebetulnya kedua aplikasi yang telah anda buka tadi belum ditutup total. Anda lakukan langkah ini dengan cara tekan tombol Recent App yang berada di posisi bawah layar smartphone.

Biasanya tombol ini terletak di ujung paling kanan atau paling kiri. Namun setiap hp memiliki penempatan yang tidak sama. Tombol ini dapat membuka halaman yang ingin anda tuju. Pilih aplikasi YouTube yang tadi sudah anda buka.

3. Gunakan Tombol Recent App untuk Fitur Split Screen

Ketika anda sudah membuka salah satu aplikasi yang anda inginkan, kini anda harus tekan tombol Recent App. Tekan kurang lebih satu hingga dua detik sampai aplikasi di layar hp anda berubah. Setelah itu, aplikasi yang sudah terbuka tadi akan mengecil menjadi setengah layar.

Sedangkan pada bagian bawah akan muncul beberapa aplikasi sebelumnya yang sudah anda buka dari halaman Recent App. Jika langkah tersebut sudah anda lakukan, maka dua aplikasi sekaligus dapat dibuka dalam satu layar. Lakukan langkah ini sebelum anda menggunakan fitur Split Screen.

4. Mengatur Ukuran Layar Masing-Masing Aplikasi

Mengatur ukuran layar dari salah satu aplikasi dalam mode split screen sangatlah mudah. Anda hanya cukup menggeser garis pembatas di antara keduanya. Jika tidak, anda juga dapat menggesernya ke atas maupun ke bawah.

5. Menjalankan Mode Split Screen

Ketika anda menjalankan mode split screen harus ada salah satu aplikasi yang terbuka. Ada pengaturan yang perlu dilakukan. Caranya usap atau geser layar ke bawah hingga muncul Quick setting. Kemudian cari icon Multi-window jika sudah kembali pada menu utama.

Jika icon Multi-window sudah tersedia, tekan tombol home lalu cari aplikasi yang anda ingin buka. Apabila anda ingin mengembalikan pada posisi normal, anda tinggal usap layar dari atas ke bawah dan tekan Multi-window.

Beberapa cara membuka 2 aplikasi dalam satu layar Android saat ini bisa anda lakukan. Hanya saja, Android yang anda miliki harus sudah dibekali dengan sistem operasi 7.0 (Nougat).
Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.