-->

Mugi Teknologi ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru. Drupalfund.us

Ini Kisaran Biaya Modifikasi Untuk Motor Bobber Custom

Konten [Tampil]

Banyak yang mengira bahwa modifikasi motor chopper lebih dulu ada dibandingkan dengan custom motor bobber. Namun setelah dilakukan investigasi, ternyata motor bobber yang terlebih dahulu lahir kemudian baru disusul dengan motor chopper. Biaya modifikasi untuk motor Bobber juga tidak bisa dibilang murah. 

gaya motor bobber nan ciamik
Gaya motor bobber nan ciamik

Era “bobber” memang pertama kali muncul dibandingkan era “chopper”. Kata bobber berasal dari “bobbed” yang artinya melepaskan sebagian besar beban dari motor. Saat ini banyak yang tertarik dengan modifikasi motor bobber.

Konsep Modifikasi Motor Bobber

Konsep modifikasi motor bobber umumnya menggunakan konsep bertema klasik vintage membuat tangki motor harus diubah secara total. Bahkan ukuran dan bentuk tangki juga disarankan dibuat sedikit lebih kecil dengan menggunakan bentuk yang lebih sederhana. 

Setelah mengganti tangki, maka yang harus diganti selanjutnya yaitu sasis dengan tujuan untuk mengikuti dan menyesuaikan tangki yang digunakan nantinya. Letak posisi sasis nantinya juga akan menentukan model jok yang akan digunakan apakah menggunakan double seater atau single seater. 

Untuk suspensi bagian depan masih menggunakan suspensi original bawaan pabrik motor namun bisa diganti jika diinginkan hanya saja disarankan untuk menggantinya dengan komponen yang asli untuk menjaga keselamatan.

Suspensi belakang juga dapat diganti dengan menggunakan bagian yang dimodifikasi karena arm pada bagian belakang juga akan diganti menggunakan model yang lebih klasik. Penggunaan velg jari-jari alumunium lebar bisa dijadikan sebagai pilihan agar bobot motor tidak terlalu berat. 

Ban yang digunakan dalam konsep modifikasi motor bobber ini menggunakan ukuran ban yang lebih besar sehingga membuat motor cenderung lebih berat. Aksesoris motor juga diganti menggunakan produk-produk custom bergaya vintage baik itu stang, handle rem, dan lainnya. Sedangkan pada bagian penerangan bisa diubah menggunakan custom ciri khas bobber yang berbentuk lingkaran atau bisa menggunakan headlamp standar dari pabrikan.

Harga Custom Motor Bobber

Untuk biaya modifikasi untuk motor Bobber sebenarnya tergantung dengan jenis motor yang digunakan. Bisa menggunakan berbagai macam motor namun umumnya para builder yang senang memodifikasi motor bobber lebih sering menggunakan Honda Tiger, Yamaha Scorpio, atau Suzuki Thunder 250.

Hal ini dikarenakan motor tersebut sudah memiliki kapasitas mesin di atas 200 cc sehingga dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar  dan juga tampilannya akan lebih padat. Untuk harga motor bekas tersebut juga lebih bersahabat dengan kisaran antara Rp 5 juta hingga Rp 20 juta tergantung dengan kondisi dan tahun motor. 

Jadi anda bisa memilih motor dengan harga yang ramah di kantong dan sesuai dengan budget sehingga sisa budget bisa digunakan untuk biaya modifikasi. Harga Yamaha Scorpio bekas berkisar antara Rp 5 jutaan hingga Rp 10 jutaan, Suzuki Thunder 250 bekas dimulai dari Rp 15 jutaan namun populasinya cukup langka sedangkan harga Honda Tiger berkisar Rp 4-20 jutaan dan populasinya juga banyak.

Selain ketiga jenis motor tersebut, Kawasaki W175 juga sering menjadi pilihan untuk modifikasi motor bobber. Desain yang menggunakan Kawasaki W175 sudah berkonsep oldschool serta memiliki dukungan fitur-fitur yang mendukung modifikasi motor bobber.

Untuk pemula juga bisa mempertimbangkan Kawasaki W175 karena lebih ringan dan juga desain pabrikan yang sudah klasik. Harga jualnya juga masih tinggi jika ingin dijual lagi karena tidak terlalu membutuhkan banyak modifikasi dibandingkan dengan jenis motor lainnya.

Motor Kawasaki W175 juga masih terhitung baru sehingga tidak terlalu memberikan masalah dan juga tidak harus repot akan pekerjaan tambahan yang umumnya melekat pada motor yang sudah lama dirilis. Untuk harganya terbagi menjadi dua varian yaitu Standar Rp 29,8 juta dan SE Rp 31,1 juta. Banyak yang memiliki varian Standar karena lebih murah dan juga lebih basic. 

Waktu pengerjaan modifikasi motor bobber tentu saja bervariasi tergantung berapa banyak jenis komponen yang ingin dimodifikasi, jenis motor yang digunakan, tingkat kerumitan konsep modifikasi yang diinginkan, dan juga penawaran yang ditawarkan oleh bengkel. Hal ini juga akan berdampak pada biaya modifikasi untuk motor Bobber sehingga bisa dijadikan sebagai pertimbangan terlebih dahulu sebelum memodifikasi motor bobber.

Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.